Penggunaan Angpao Digital Meningkat Tajam

Minggu, 29 Jan 2017 | 15.00 WIB

Penggunaan Angpao Digital Meningkat Tajam

Ilustrasi angpao Digital (IST


Centroone.com - Imlek tidak lengkap tanpa angpao.  Selama beberapa tahun terakhir, seiring dengan perkembangan teknologi, angpao tidak lagi diberikan secara fisik - berupa amplop merah berisi uang- melainkan lewat aplikasi smartphone.  Dalam laporan terbarunya di perayaan Imlek kali ini, Wechat - aplikasi pesan instan nomor satu China melaporkan terjadi serah terima angpao sebanyak 14, 2 miliar angpao di hari Jumat, sehari sebelum Imlek.

Menurut anak usaha Tencent tersebut, angka itu meningat 75 persen dari tahun sebelumnya. Sementara itu lewat aplikasi pembayaran online QQ , tercatat angka 340 juta pengguna menggunakan aplikasi itu untuk berbagi angpao. Angka itu juga merupakan angka pemecah rekor.  QQ sendiri juga merupakan anak usaha dari Tencent. Demikian seperti dilaporkan ChinaDaily.

QQ sendiri menyambut Imlek kali ini, dalam update terbarunya bahkan turut menyertakan sokongan sistem Augmented Reality (AR)  yang membuat berburu angpao digital jadi mirip bermain Pokemon GO.

Namun di tengah meningkatnya semarak angpao digital, sejumlah warga lain menilai angpao digital hal yang mengganggu.  Dalam sebuah survey yang digelar oleh platform pembayaran digital Rong360, angpao digital merusak suasana Imlek karena sejumlah anggota keluarga lebih memilih untuk memegang smartphone untu berburu angpao digital daripada bercengkrama, saat keluarga berkumpul.  

Bahkan menurut survey Rong360, 46 persen dari peserta survey mengaku memberikan angpao agar postingan mereka dipuji atau diforward ke sosial media untuk mendapatkan pujian. by